Kategori
All Nasional

BSSN Sudah Resmi Dibentuk Oleh Presiden Jokowi Setelah Penandatanganan Peraturan Presiden no 53 tahun 2017

 

Oleh: Dhedi Rochardi Razak

Busur News Com,Jakarta -BADAN Siber dan Sandi Negara (BSSN) telah resmi dibentuk setelah penandatanganan Peraturan Presiden Nomor 53 Tahun 2017 oleh Presiden Joko Widodo pada 19 Mei 2017.

*Jadi Basinas ini dari mendeteksi, mencegah, sampai kalau terjadi ada kaitannya sama cyber security dia juga memperbaiki*.

Secara teknis termasuk penggabungan kewenangan yang berada dalam ranah Kemenkominfo dengan Lembaga Sandi Negara, kominfo membantah fungsi dan kewenangan BSSN akan tumpang tindih dengan lembaga lain termasuk Polri justru mengkoordinasikan. –

Perpres tersebut ditetapkan Presiden pada 19 Mei 2017 dan disebutkan, BSSN bertugas melaksanakan keamanan siber secara efektif dan efisien dengan memanfaatkan, mengembangkan, dan mengonsolidasikan semua unsur yang terkait dengan keamanan siber.

Dalam praktiknya, BSSN akan bertanggung jawab kepada Presiden melalui menteri koordinator bidang politik hukum dan keamanan.

Bakal ada dua lembaga yang melebur untuk membentuk BSSN, yakni
Lembaga Sandi Negara dan
Direktorat Keamanan Informasi di bawah Direktorat Jenderal Aplikasi dan Informatika Kemenkominfo.

Untuk itu, semua peralatan, pembiayaan, arsip, dan dokumen pada Direktorat Keamanan Informasi Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure (ID-SIRTII) dan Lembaga Sandi Negara dialihkan ke BSSN. –

*Pelaksanaan tugas di bidang persandian saat ini masih tetap dilakukan Lembaga Sandi Negara hingga selesainya penataan organisasi BSSN*.

(Rn)