Kategori
Artikel

Keajaiban, Berbakti kepada orang tua memiliki kedudukan yang tinggi.

Oleh : Dhedi Razak

Busurnews.com, JAKARTA –Keajaiban Berbakti kepada Orang Tua
Berbakti kepada orang tua memiliki kedudukan yang tinggi.

“Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada kedua orang tuanya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orangtuamu, hanya ke pada-Kulah kembalimu”.
(QS Lukman: 14)

Kedua orangtua merupakan penyebab eksistensi (keberadaan) manusia di dunia ini. Oleh karena itu, sudah sepantasnya bahwa kita mempersembahkan bakti terbaik kepada kedua orangtua. Berbakti kepada kedua orangtua, bukan karena menjadi hak orang tua yang harus dipenuhi oleh anak-anaknya. Namun, juga merupakan kewajiban yang bersifat pasti yang telah diperintahkan Allah dan Rasul-Nya.
Bahkan, perintah berbakti kepada kedua orangtua tersebut telah disandingkan dengan perintah menyembah Allah dan larangan mempersekutukan-Nya. Hal ini bermakna bahwa berbakti kepada kedua orangtua merupakan penyempurnaan bagi ibadah kepada-Nya.

Berdasarkan petunjuk hadits Rasulullah SAW, di antara akibat baik (pahala) dan akibat buruk (siksa) yang tidak akan ditangguhkan hingga hari kiamat adalah berbakti kepa da kedua orang tua dan durhaka kepadanya. Bahkan, dengan berbakti kepada kedua orangtua, siapa pun yang berbuat durhaka kepada orangtua, maka akibat buruk pun akan segera didapatkannya.

Dalam buku berjudul ‘Keajaiban Berbakti kepada Kedua Orang tua’ karya Heri Gunawan SPDi MAg yang diterbitkan Penerbit PT Remaja Rosdakarya Bandung ini dijelaskan berbagai keajaiban ber bakti kepada kedua orang tua yang da lam bahasa agama (Islam) disebut birrul walidain. Dilengkapi juga dengan kisah-kisah ‘mengerikan; yang dialami orang-orang yang durhaka kepada kedua orang tua.

Pembaca bisa mengambil pelajaran (ibrah) yang sangat berharga dengan membaca buku ini. Sehingga kita akan dituntun untuk merenungi keberadaan kita saat ini dalam kaitannya dengan kedua orangtua. Apabila ibrah ini kita aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, Insya Allah berbagai keajaiban pun akan datang menghampiri.

@drr