Kategori
kesehatan

Bahaya Tidur Dengan Lampu Menyala

 

Busur News Com,Jakarta – Tidur merupakan salah satu aktifitas yang wajib dilakukan oleh manusia. Bukan hanya manusia saja, hewan dan tumbuhan pun memerlukan tidur. Waktu yang paling tepat saat tidur adalah dimalam hari, dimana seluruh anggota tubuh memerlukan istirahat yang cukup setelah seharian melakukan aktifitas.

Ada beberapa tata cara yang harus diperhatikan sebelum Anda tidur, seperti misalnya membersihkan dahulu tempat tidur dengan cara mengibas-ngibaskan sprei hingga bersih. Ini bertujuan agar hewan-hewan kecil tidak menyakiti dan membahayakan saat Anda tertidur.
Bukan hanya itu, mematikan lampu juga sangat penting jika Anda hendak tidur. Ternyata, tidur dengan lampu menyala memiliki risiko yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Apa saja bahaya tidur dengan lampu menyala? Akhir-akhir ini studi kasus menyebutkan bahwa, tidur malam dengan posisi lampu menyala dapat meningkatkan risiko terkena gangguan kesehatan yang sangat fatal seperti berikut ini :

Dapat menyebabkan depresi
Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh OHIO STATE UNIVERSITY MEDICAL CENTRE menyebutkan bahwa, tidur dengan posisi lampu menyala menyebabkan perubahan struktur pada otak dan myenyebabkan seseorang mudah depresi.

Melemahkan sistem kekebalan tubuh (Imunitas)

Posisi tidur dengan lampu menyala akan mempengaruhi kinerja hormon melatonin. Hormon ini menjadi salah satu pertahanan kekebalan tubuh dari bahaya serangan kanker payu dara dan kanker prostat. Sebaiknya matikan lampu ketika Anda tidur, agar hormon melatonin dapat berproduksi dengan baik untuk menjaga kekebalan tubuh Anda.

Risiko terhadap kanker

Pancaran sinar lampu saat tidur dimalam hari sangat tidak baik bagi wanita. Hal ini dikarenakan dapat meningkatkan risiko terserang kanker payudara dan juga kanker usus besar.

Risiko terkena Diabetes

Kebiasaan tidur dengan lampu hidup juga dapat menimbulkan gangguan kesehatan lain, seperti susah tidur, gangguan metabolisme, penyakit kardiovaskular, dan kemungkinan besar dapat menimbulkan penyakit diabetes.

Jika sekarang Anda sudah mengetahui tentang bahaya tidur dengan lampu hidup, sebaiknya mulai dari sekarang biasakan tidur dengan posisi lampu dimatikan, agar Anda memperoleh waktu dan posisi tidur yang nyaman dan sehat.

(Riena)