Kategori
hukum

*Antara Promoter dan Kasus Elza Syarief di Lapangan*

 

Busurnews.com, Jakarta -Ada yang perlu kami sampaikan sebagai pengamat kepolisian terkait Komitmen Kepolisian untuk mengedepankan slogan Promoter,profesional modern terpercaya.

11 PROGRAM PROMOTER KAPOLRI

1.PEMANTAPAN REFORMASI INTERNAL POLRI

2.MENINGKATKAN PELAYANAN PUBLIK YANG LEBIH MUDAH BAGI MASYARAKAT DAN BERBASIS IT

3.PENANGANAN KELOMPOK RADIKAL PRO KEKERASAN DAN INTOLERANSI YANG LEBIH OPTIMAL

4.PENINGKATAN PROFESIONALISME POLRI MENUJU KEUNGGULAN

5.PENINGKATAN KESEJAHTERAAN ANGGOTA POLRI’

6.TATA KELEMBAGAAN, PEMENUHAN PROPORSIONALITAS ANGGARAN DAN KEBUTUHAN MINIMAL SAPRAS

7.MEMBANGUN KESADARAN DAN PARTISIPASI MASYARAKAT TERHADAP KAMTIBMAS

8.PENGUATAN HARKAMTIBMAS

9.PENEGAKAN HUKUM YANG LEBIH PROFESIONAL DAN BERKEADILAN

10.PENGUATAN PENGAWASAN

11.QUICK WIN POLRI

Kesebelas komitmen kepolisian di atas sangat diharapkan saat masyarakat berhadapan dengan pihak kepolisian yang memberikan jasa kamtibmas,supermasi hukum dan keadilan di tengah masyarakat.

Namun semua komitmen Polri di atas terlihat laksana teoritis saja. Hal itu setidaknya dirasakan 30 orang dari Tim Kuasa Hukum Prof.DR.Elza Syarief yang mendatangi Mapolres Jakarta Selatan, Selasa (29/9) siang.

“Para Penasehat Hukum tidak bisa bertemu lebih dari 3 orang atau 4 orang sebagaimana yang kami dengar dari Ketua Umum saat diinterview oleh sejumlah wartawan,”kata Wakil Ketua Umum GAAS Dody M.Zuhdi ST SH.

Apa ýang dikatakan Dody dikuatkan oleh keterangan anggota Tim Penasehat Hukum lain Lusy Daiva SH di depan Kasatreskrim yang mengherani mengapa penyidikan hingga penetapan tersangka tanpa memanggil /mendengar keterangan para saksi fakta dan Ahli Bahasa dari pihak terlapor Elza Syarief.

Sebagai pengamat kepolisian, Suta Widhya SH berharap polisi membuktikan sikap dan komitmennya untuk bersikap profesional, modern dan terpercaya. Properti ,ruang yang ada di Mapolres memang dikelola oleh polisi,tapi para tamu yang notabene anggota masyarakat merupakan pembayar pajak sehingga gaji dan pensiun polisi menjadi kewajiban masyarakatlah yang membayarnya. Sehingga polisi harus ramah menerima tamu meski kondisi covid-19 Corona sekalipun.(***)