Alquran menyebutkan kisah Nabi Yusuf adalah cerita terbaik

 

 

Oleh: Dhedi Razak

Busurnews.com, JAKARTA —Alquran menyebutkan kisah Nabi Yusuf adalah cerita terbaik

Surat Al Haqqah merupakan surat ke-69 dalam kitab suci Alquran.
Surat yang terdiri dari 52 ayat ini tergolong dalam surat Makiyyah atau surat yang diturunkan di Makkah.
Bagi umat Islam membaca surat Alquran merupakan sesuatu yang sunnah dan bila dilakukan akan mendapatkan banyak pahala. Selain itu, surat dalam Alquran juga memiliki banyak keutamaan. Seperti halnya surat Al Haqqah.
Di antara sekian khasiat surat Al Haqqah ini adalah bagi wanita yang hamil.
Wanita hamil yang menulis surat ini akan dapat menjaga janinnya.
Salah satu keutamaan luar biasa dari surat Al Haqqah yang agung ini adalah untuk menjaga janin bagi wanita yang sedang mengandung.
Wanita yang sedang hamil bisa menulis surat tersebut pada secarik kertas putih bersih dan suci, kemudian dibawa selama hamil.
Insya Allah akan selamat hingga melahirkan.
penjelasan Imam al-Yafi’i dalam kitab ad-Durr an-Nazhim fi Khwash al-Qur’an al-‘Azhim.
Selain dapat menjaga janin dalam kandungan, surat Al Haqqaq juga dapat menjaga kesehatan tubuh.
Barang siapa yang rutin membaca surat Al Haqqah pada minyak atau zaitun, kemudian dikonsumsi dengan niat untuk pengobatan, maka akan terhindar dari dari penyakit-penyakit ringan hingga berat.
Namun, semua itu tentunya dengan izin dan kehendak Allah.
Ini hanya sebuah carana dan ikhtiar untuk mencapai tujuan tersebut, keutamaan surat Al Haqqah yang kedua ini juga telah dijelaskan Imam al-Yafi’i dalam kitabnya tersebut
(*
Banyak ayat dalam Alquran yang mengisahkan tentang Nabi Yusuf alaihissalam.
Kisah Nabi Yusuf pun disebut-sebut sebagai salah satu kisah terbaik sepanjang sejarah manusia.
Kendati begitu para ulama berbeda pendapat tentang mengapa kisah Nabi Yusuf disebut sebagai kisah terbaik.
Ibnu Asyur dalam kitabnya At-Tahrir wa At-Tanwir menerangkan kisah Nabi Yusuf menjadi kisah terbaik itu karena sebagian kisahnya tidak lepas dari kebaikan untuk mencukupi jiwa.
Dan sejatinya kisah-kisah yang ada dalam Alquran itu lebih baik dari kisah-kisah lainnya, baik dari sisi susunan kisahnya, maupun gaya penulisannya, serta terdapat pelajaran dan hikmah di dalamnya.
Semua kisah yang terdapat dalam Alquran adalah kisah-kisah terbaik pada setiap pembahasannya.
Dan setiap kisah dalam Alquran itu lebih baik dari semua kisah selain Alquran yang diceritakan pendongeng atau yang pandai menceritakan kisah.
Namun demikian, Ibnu Asyur mengatakan bahwa dia tidak bermaksud menyebut kisah Nabi Yusuf kisah terbaik dari kisah lainnya dalam Alquran.
Sebagaimana firman Allah:

نَحْنُ نَقُصُّ عَلَيْكَ اَحْسَنَ الْقَصَصِ بِمَآ اَوْحَيْنَآ اِلَيْكَ هٰذَا الْقُرْاٰنَۖ وَاِنْ كُنْتَ مِنْ قَبْلِهٖ لَمِنَ الْغٰفِلِيْنَ “

Kami menceritakan kepadamu (Muhammad) kisah yang paling baik dengan mewahyukan Alquran ini kepadamu, dan sesungguhnya engkau sebelum itu termasuk orang yang tidak mengetahui.”
(QS Yusuf 3).

Huruf Ba dalam kalimat bimaa auhainaa ilaika hadzal quran menunjukan sebab yang terkait dengan yang dikisahkan. Maka kisah-kisah yang disebutkan dalam Alquran itu lebih baik karena sesungguhnya itu berasal dari Dzat Yang Mahamengetahui dan Mahabijaksana.
Pendapat lain menyebutkan, kisah Nabi Yusuf disebut kisah terbaik karena kisah ini memuat perspektif utuh dan sempurna terkait dengan pelajaran dan pesan-pesan bijak.
Pendapat lain menyatakan ini karena kesabaran Yusuf yang melampaui batas manusia normal terhadap para saudaranya.
Sedangkan pendapat lain menyebutkan kisah Nabi Yusuf ini memuat kisah para nabi, orang saleh, tetang integritas, perjalanan kerajaaan dan raja, pria wanita, tipu daya wanita, tauhid dan fiqih, tafsir mimpi, dan surat ini kaya dengan bukti dan refleksi.
Kendati begitu kisah Nabi Yusuf itu memiliki keunikan tersendiri dibandingkan kisah-kisah lainnya dalam Alquran karena mengandung pelajaran dam hikmah.
Dalam kisah Nabi Yusuf diceritakan tentang kesabaran Nabi Yusuf yang ditelantarkan saudara-saudaranya namun tetap memaafkan mereka, kemudian disebutkan juga tentang orang-orang saleh.
Lalu kisah tentang bujuk rayu, kehidupan para oenguasa, perempuan, dan lainnya. Nabi Yusuf disebutkan 27 kali dalam Alquran teemasuk 25 kali dalam surat Yusuf, sekali di surat Al Anam, dan sekali di surat Al Ghafir.

@garsantara