Kategori
narkoba

30 Elemen hadiri Hari Narkoba Internasional

 

BusurNews .Com. MALANG RAYA ,- Mengambil tempat di aula Hotel Palem ,hari narkoba international dihadiri sekira 30 elemen masyarakat dengan masing masing dua orang sebagai perwakilan. Sabtu (15/07)

Acara yang digagas oleh FORMAN (Forum Masyarakat Anti Narkoba Malang Raya ) dengan ketuanya H.RM.Achjadi,SH itu dihadiri pula Wali kota Malang.H.Moch Anton , Kepala BNN Kota Malang dan perwakilan Polres Malang Kota. Dengan mengambil tema Berjuang Bersama Melawan Narkoba.

Dalam sambutan pendeknya, Wali Kota Malang mengajak peran serta masyarakat Kota Malang untuk mencegah maraknya peredaran narkoba.

“ Mengingat Malang sebagai kota pendidikan. Maka bagi kaum urban yang menempuh pendidikan di kota Malang amat rawan tergoda dan terjerumus dalam menggunakan narkoba berbagai macam.Oleh karenanya kita siapkan Pasukan Anti Narkoba dengan melibatkan semua unsur warga kota Malang. ” Kata Anton.

Ditambahkannya “ Kita akan buat secepatnya KAN ,yakni Kampung Anti Narkoba dengan berperan aktifnya unsur RT,RW,Babinsa disemua unsur kelurahan. Dengan cek data warga urban, demi mencegah pengedar maupun pemakai narkoba disetiap lini lampung.“ Ujar Wali Kota Malang yang direspon aplous hadirin.

Sementara Kepala BNN Kota Malang dalam sambutannya juga mempertegas tentang bahayanya penggunaan narkoba. “ Indonesia ini akan dirusak generasinya melalui narkoba. Maka kewaspadaan harus menjadi poin , begitupun pencegahan nya. Bahkan sekarang,narkoba dibuat dengan berbagai bentuk,seperti permen agar disukai dan dikonsumsi anak anak pelajar SD. Jadi harus ditingkatkan kewaspadaan lebih.” ujar AKBP.Ir.Bambang Sugiharto MM.

Disebutkan pula olehnya. Bahwa 25 persen pengguna narkoba dikota Malang adalah pelajar. Pada tahun 2015 jumlah pemakai mencapai 299 data rehabilitasi . Namun jumlah itu turun 75 persen dari tahun sebelumnya. Usia 11-15 berjumlah 108 orang, usia 16-20 sekitar 19 orang , usia 21-25 ada 8 orang pada tahun 2017.
Kebanyakan pemakai menggunakan jenis shabu shabu. Dan tahun 2017 ini meningkat 55% dari 2016. Dengan pecandu terbanyak dari kalangan pelajar dan mahasiswa.

Acara tersebut berakhir dengan pembagian piagam oleh panitia, yang penyerahannya disampaikan oleh Abah Anton kepada perwakilan elemen yang didelegasikan hadir. Dilanjut dengan dukungan tanda tangan tolak dan cegah narkoba di kota Malang pada papan banner yang telah disiapkan diatas panggung,diawali dengan tanda tangan Wali Kota , Ketua BNN, Perwakilan Polres Malang Kota, perwakilan elemen dan unsur pers.

(Galih)