Relawan Jokowi-Amin Maruf Usulkan Machnizon Masri Jadi Dirut PLN

Jakarta (Busurnews.com) Setelah sikap tegas Meneg BUMN, Erick Thohir pecat Dirut Garuda banyak simpatik mengalir termasuk dari para Relawan Jokowi-KH.Maruf Amin. Mereka pun ikut usulkan agar Dirut Perusahaan plat merah ambil yang energik. Nama Machnizon Masri pun diusulkan untuk jadi Dirut PLN dalam RUPS

“Sebagai Relawan kami merasa terpanggil untuk ikut mengawal kebijakan Meneg BUMN, Erick Thohir agar mampu melakukan perubahan di perusahaan plat merah itu. Salah satunya mengusulkan agar Direksi dan Komisaris jangan yang pensiunan,” tegas Ketua Presidium Relawan Jokowi-Amin The President Center HM. Jusuf Rizal di Jakarta.

Komentar tersebut disampaikan pria yang juga menjabat Presiden LSM LIRA (Lumbung Informasi Rakyat) ketika diminta tanggapan oleh wartawan terkait gebrakan Meneg BUMN, Erick Thohir serta Jelang RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham) PLN yang akan digelar Minggu mendatang. PLN melakukan RUPS pasca Dirut PLN lama, Sofyan Basyir diberhentikan karena kasus hukum.

Menurut Jusuf Rizal Meneg BUMN, Erick Thohir harus mampu melakukan penyegaran ditingkat Direksi dan Komisaris yang selama ini pengangkatannya sarat dengan Kolusi dan Nepotisme. Salah satunya di PLN yang segera akan melakukan RUPS. Baiknya diambil dari dalam dengan figur-figur yang masih energik. Komisarisnya hendaknya diambil yang profesional dan masih produktif yang dapat melakukan pengawasan.

Menurut Jusuf Rizal sesuai arahan Presiden Jokowi, PLN harus mampu memperbaiki kinerja agar lebih baik lagi. Diantaranya dua tugas dari Kementerian BUMN, PLN harus mampu mencapai target tercapainya 23% bauran energi dari EBT (Energi Baru Terbarukan) di tahun 2023, serta Zero Pemadaman Listrik agar tidak mengganggu pelayanan publik dan merugikan masyarakat. Karena itu, kedepan Kandidat Dirut PLN harus bisa menjawab dua tantangan tersebut.

Sosok figur Machnizon Masri (52 tahun) yang saat ini masih menjabat sebagai Direktur Bisnis Regional Sulawesi dan Nusa Tenggara PT PLN (Persero) sejak 30 Oktober 2015 dinilai mumpuni sebagai Direktur Utama PLN. Jam terbangnya sudah cukup dan visioner.

Selain itu yang tidak kalah pentingnya, lanjut Jusuf Rizal adalah figur yang relatif bersih agar penyalahgunaan wewenang di perusahaan plat merah itu dapat dihindari. Karena banyak mantan Dirut PLN, mulai Edi Wudiono, Nur Pamudji, hingga Sofyan Basyir serta banyak Direksi PLN berakhir di Bui. Ini bisa terjadi karena adanya titipan sehingga ada balas jasa setelah duduk.

“Hendaknya dalam RUPS PLN dapat memilih Direksi dan Komisaris selaku pengawas yang baik dan bisa bekerja. Kami berharap Meneg BUMN, Erick Thohir dapat memilih figur terbaik guna melakukan perbaikan kinerja PLN sebagaimana harapan Presiden Jokowi,” tegas Jusuf Rizal yang juga menjabat Sekjen Perkumpulan Media Online Indonesia (MOI) itu.

Berdasarkan catatan Redaksi setelah penetapan Dirut PLN, Sofyan Basyir menjadi tersangka kasus korupsi, 23 April 2019 telah muncul gonjang ganjing Kandidat Dirut PLN. Salah satu calon kuat dari internal PLN yang diunggulkan adalah Machnizon Masri. Pria kelahiran Batu Sangkar berpendidikan luar negeri itu dinilai punya kapasitas, kapabilitas, integritas dan visioner dalam memajukan Perusahaan PLN.(Bbg)