Tanggal 20 Oktober Jokowi Dan Ma’ruf, Almukarram Akan Dilantik, Diambil Sumpahnya Oleh MPR.

Oleh: Dedy Rochaedi Razak

Busunews. Com, JAKARTA –:Tanggal 20 Oktober yang akan datang Jokowi dan Ma’ruf, almukarram ini akan dilantik, diambil sumpahnya oleh MPR.

Sumpah keduanya diucapkan dalam sidang paripurna khusus MPR sebagai presiden wakil presiden Republik Indonesia peridoe jabatan 2019-2024.

Usai pengucapan sumpah, keduanya sah menunaikan kewajibannya sebagai presiden dan wakil presiden.

Apa yang akan tertulis dalam sejarah ketetanegaraan dan politik sebagai hal pertama yang dilakukan oleh Presiden Jokowi pada periode kedua, sejujurnya tidak penting.

Tidak penting pula membicarakan siapa yang diangkat oleh Presiden, bukan wakil presiden menjadi menteri, membantu dirinya memutar roda kekuasaan pemerintahan yang digenggamnya seorang diri.

Tidak penting mengingatkannya bahwa jalan panjang yang terbentang dihadapannya terlihat berat, amat berat.

Itu bukan karena persoalan legitimasi, yang kerap disajikan sebagai soal besar yang mengiringi mereka ketampuk kekuasaan.

Sama Sekali Bukan.

Itu disebabkan demokrasi selalu bekerja sedemikian rupa rumitnya sehingga, legitimasi sehebat apapun selalu sangat mudah rapuh disaat sembako menindis orang banyak, apalagi bila tarif dasar lisitrik ikut-ikutan menindis mereka.

Hebatnya demokrasi selalu begitu, memberikan kredit hampir seluruhnya kepada pemenang mendefenisikan jalannya kekuasaan.

(Rn)