Pesta Panen To Maddo

Busurnews. Com, BARRU- Telah berlangsung pesta panen To Maddo digelar di dusun Maddo Desa Tellumpanua Kecamatan Tanete Rilau Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan.(12/7/2019).Kegiatan pesta panen tersebut dihadiri unsur Pemkab Barru, tokoh-tokoh adat dan masyarakat dari berbagai desa.

Sebelumnya pernah dilaksanakan pesta panen juga digelar di dusun Maddo hanya dengan acara mappadendang yang diisi pentas tari-tarian dan pencak silat.

Tahun ini 2019 pentas seninya diperbanyak lagi seperti menampilkan musik kecapi, musik akustik dan teater.

Kegiatan ini lebih menarik dikarnakan pembukaan secara resmi oleh Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh, M.Si.

Kegiatan ini ditandai dengan mappadendang yaitu menumbuk padi dalam lesung panjang menggunakan alat tumbuk oleh suku Bugis disebut alu.

Pesta Panen To Maddo merupakan pesta tahunan yang dilakukan warga Dusun Maddo ,pesta ini diselenggarakan sebagai bentuk suka cita dan kesyukuran pada sang Khalik karna hasil panen yang melimpah.

Panitia pelaksana pada kegiatan ini mengusung tema “Melalui Pesta Panen Kita Tingkatkan Rasa Kesyukuran dan Melestarikan warisan Budaya Leluhur Ditengah Globalisasi dan Modernisasi”, kata Sulfiamin, S.Pd Selaku Ketua Panitia.

Kegiatan tersebut kata dia, akan berlangsung selama 3 malam yakni 12 hingga 14 Juli 2019 dan puncak acara 13 Juli 2019.

Kegiatan ini dapat terselenggara dengan baik atas bantuan moril maupun materil dari pemerintah Desa Tellumpanua, Masyarakat Dusun Maddo, pemerhati budaya dan Forum kreativitas Pemuda Maddo Sebagai Penggerak/Panitia pada pelaksanaan kegiatan tersebut.

Faisal selaku Kadus Maddo mengatakan “Selain bentuk suka cita, pesta panen to Maddo juga dimaksudkan untuk mempertahankan warisan budaya leluhur seperti mappadendang yang dikhawatirkan makin ditinggalkan generasi muda”,katanya.

(hasyim/sulfiamin)