1Juli Peringatan HUT 431 Tahun Kota Medan, PT Pos Akan Buka Program Kampus Merdeka di Kantor Pos

 

Jakarta (Busurnews) Medan Searah dengan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makariem meluncurkan kebijakan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka yang merupakan Hak Belajar Tiga Semester di Luar Program Studi. “Tgl 1 Juli nanti kami akan wujudkan kebijakan Pak Menteri. PT Pos buka peluang kesempatan bekerja sambil belajar,” demikian Dino Ariyadi Kepala Kantor Regional Sumut-Aceh PT Pos saat bercengkerama satu jam bersama Ketum IRSI di Kantor Pos besar Medan (21/6/2021).

Kebijakan ini, menurut Dino, dilakukan guna mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia kerja nyata.

Kampus Merdeka memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk memilih mata kuliah yang akan mereka ambil secara bebas. PT Pos akan jalin kerjasama dengan Kampus Universitas Sumatera Utara (USU).

Setelah sukses membangkitkan geliat promosi UMKM Danau Toba ala Pak Pos ditengah pandemi, Ketum Ikatan Reporter Seluruh Indonesia, Ir. H. Arse Pane sekali lagi memberikan apresiasi yang tinggi kepada PT Pos Indonesia.

Ini perusahaan pelat merah terunik dan tertua di Indonesia. Pasalnya, sejak zaman kolonial Kantor Pos cukup fantastis menjadi daya tarik bagi ‘Penikmat Persuratan’ antar daerah bahkan dunia. Ditambah lagi Kantor Pos menjadi ‘Magnet’ bagi kolektor perangko di zaman itu hingga era e-commerce zaman now.

Kepala Kantor Pos besar Medan, Elan Pramudiansyah ditempat yang sama langsung mengamini support yang diberikan oleh Kareg Sumut-Aceh PT Pos, Dino Ariyadi. Pasalnya, kami akan buka stan Kampus Merdeka pada tanggal 1 Juli 2021 nanti.

“Ini bentuk komitmen kami selaku perusahaan BUMN dalam mencegah laju pandemi Covid-19. Biar Pak Pos saja yang keluar rumah,” ungkap Elan sambil mengingatkan bahwa Kampus Merdeka menjadi tolok ukur dalam meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja e-commerce.

Mirnawati (45 th) selaku “Duta Kantor Pos” mengaku siap dan bersedia mempromosikan program kerja ini ke lapisan masyarakat kota Medan.

Dalam rangka menyiapkan mahasiswa/i Indonesia menghadapi perubahan sosial, budaya, dunia kerja dan kemajuan teknologi yang pesat. Jelas Ibu Kepling Lingkungan IV Kel. Pasar Baru Medan kota ini kepada media seraya mengingatkan kompetensi mahasiswa/i harus disiapkan untuk lebih matang dengan kebutuhan zaman.

Ditempat terpisah, Ilham Sembiring, selaku Ketua Forum Silaturahmi antar Kepala Lingkungan se Kota Medan berharap tidak hanya dukungan Kantor Pos, link and match juga tentunya terjadi dengan dunia industri di kawasan KIM Medan. “Bapak Walikota Medan Bobby Afif Nasution pasti akan mendukung setiap program kerja demi kemajuan kota Medan tercinta,” Selamat Hari Jadi Kota Medan ke 431 tahun. Semoga PT Pos semakin Jaya dan terus mendukung beragam program kerja Pak Wali Bobby Nasution. Demikian Ilham Sembiring yang juga menjabat Kepling Lingkungan VII di Kelurahan Pasar Baru Medan kota.

Perlu diketahui Masyarakat Digital, tujuan kebijakan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka, adalah program “Hak belajar tiga semester di luar program studi”.

Program Kementerian Pendidikan ini untuk meningkatkan kompetensi lulusan, baik soft skills maupun hard skills, agar lebih siap dan relevan dengan kebutuhan zaman.

Selain itu, Kampus Merdeka akan menyiapkan lulusan sebagai pemimpin masa depan bangsa yang unggul dan berkepribadian sesuai dengan ‘passion’ dan bakatnya.(Bamsur)